Pages

Jumat, 05 Oktober 2012

Surakarta kerahkan tenaga kontrak pemelihara hutan kota

Hingga 2012, Kota Solo memiliki tiga area hutan urban yang semuanya berada di wilayah Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo.(ANTARA/Prasetyo Utomo/nz/11)

Hutan kota yang menjadi program Badan Lingkungan Hidup dikhawatirkan tak terurus bila hanya mengandalkan perawatan dari DKP.
Solo (ANTARA News) - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, mulai 2013 menyiapkan tenaga kontrak untuk memelihara hutan kota karena jumlah personel Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) setempat tidak cukup untuk memelihara seluruh ruang terbuka hijau di kota itu.

"Hutan kota yang menjadi program Badan Lingkungan Hidup dikhawatirkan tak terurus bila hanya mengandalkan perawatan dari DKP. Personel DKP terbatas sementara tugasnya pun tidak hanya merawat hutan kota," kata Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keragaman Sumber Daya Alam BLH Pemkot Surakarta Luluk Nurhayati di Solo, Selasa.

Kepala Bidang Persampahan DKP Pemkot Surakarta Sudiyatno juga mengatakan, jumlah personel di instansinya tidak cukup untuk menangani pemeliharaan semua hutan kota dan ruang terbuka hijau yang ada.

Hingga 2012, Kota Solo memiliki tiga area hutan urban yang semuanya berada di wilayah Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres.

Hutan urban I dan II yang luasnya berturut-turut 3.000 meter persegi dan 1.500 meter persegi dikhawatirkan rusak karena gangguan cuara atau perilaku warga kalau tidak dipelihara secara baik.

Lokasi tersebut sering dipakai warga untuk menggembalakan ternak dan pada musim kemarau banyak tanaman yang menjadi kering dan mati.

Pengadaan tenaga kontrak untuk merawat hutan kota tidak bisa dilakukan pada akhir 2012 mengingat mekanisme pembahasan APBD 2012 sudah lewat waktunya.

"Pada pembahasan APBD 2013 diusulkan anggaran untuk perawatan hutan kota. Termasuk di dalamnya tenaga kontrak, pompa listrik, dan alat-alat kebun. Kalau saat ini sudah tidak bisa pengajuan anggaran. Pengadaan tenaga kontrak ini agar hutan kota yang kita punya tidak sia-sia," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pemeliharaan area hutan urban III di RW 06 Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, dikerjakan oleh mitra pemerintah.

(J005) Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Bersihkan sampah plastik supaya Indonesia sehatUntuk menuju Indonesia yang sehat, bisa dimulai dengan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah, terutama sampah ...

Jam sekolah akan dikurangi hindari kabut asapPemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya menyatakan akan mengurangi jam belajar di sekolah karena kabut asap semakin ...

Tiga syarat orangutan layak dilepas-liarkanOrangutan setidak-tidaknya harus memenuhi tiga syarat sebelum layak dilepasliarkan ke habitat asli mereka, demikian ...


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar